Merkuri dalam Tuna – Apakah Anda Berisiko?

Jul 13, 2020 Blog Kesehatan
Merkuri dalam Tuna - Apakah Anda Berisiko? tetapi jumlah yang

Merkuri dalam tuna telah menjadi topik perdebatan hangat. Merkuri adalah zat kimia anorganik yang ada di dalam tubuh, dan keberadaannya pada ikan sangat jarang. Namun, beberapa ahli menunjukkan bahwa kadar merkuri yang ditemukan pada ikan bisa berbahaya bagi manusia.

Merkuri dalam tubuh dapat menyebabkan beberapa komplikasi. Ini termasuk depresi, gangguan memori, dan sejumlah penyakit lainnya. Keracunan merkuri dianggap oleh banyak orang sebagai ancaman bagi kesehatan masyarakat. Meskipun tidak berbahaya dalam dosis kecil, merkuri dianggap menjadi perhatian dalam dosis besar.

Dalam jumlah kecil, merkuri bersifat racun. Hanya jika terjadi paparan merkuri yang parah atau berkepanjangan barulah dapat dianggap sebagai bahaya. Merkuri dalam tubuh diketahui ada pada ikan seperti tuna, tetapi jumlah yang ada umumnya rendah.

Merkuri dalam Tuna - Apakah Anda Berisiko? Bahkan jika

Konsentrasi merkuri tertentu pada ikan cukup beracun untuk menyebabkan perubahan signifikan pada perilaku seseorang. Dalam beberapa kasus, terbukti merkuri telah menyebabkan bunuh diri bahkan kematian. Sekalipun kadar merkuri yang ditemukan dalam tubuh seseorang sangat rendah, tubuhnya mungkin masih terpengaruh, karena tubuh akan terus menumpuk di dalam sistemnya.

Karena tingkat merkuri yang berbahaya pada ikan ini, maka penting untuk membatasi konsumsi tuna. Meskipun banyak orang mengklaim bahwa kadar merkuri terlalu tinggi untuk menjadi perhatian, ini tidak benar. Jika Anda ingin menghindari konsumsi merkuri dalam jumlah besar, Anda harus menghindari makan tuna. Namun, ada beberapa cara agar tuna bisa dimakan tanpa menyebabkan kerusakan pada tubuh Anda. Sementara beberapa orang mungkin bermasalah dengan memakannya karena tingkat merkuri yang tinggi, yang lain mungkin menemukan bahwa makan dalam jumlah sedikit tidak menimbulkan masalah sama sekali.

Terkait tuna, para ahli setuju bahwa ada tindakan pencegahan tertentu yang perlu diambil saat memantau kadar merkuri Anda. Anda harus mengawasi kadar dalam darah Anda serta memantau kandungan merkuri tuna Anda pada waktu yang berbeda dalam sehari.

Ada juga suplemen khusus yang tersedia yang dapat membantu Anda mengontrol kandungan merkuri dalam makanan harian Anda. Ini dapat ditemukan di sebagian besar toko makanan kesehatan dan dijual terpisah dari suplemen makanan lainnya.

Jika Anda sudah mengkhawatirkan kandungan merkuri pada tuna Anda, maka tidak perlu khawatir. Karena kadar merkuri dalam tubuh dapat bervariasi dari orang ke orang, selalu ada kemungkinan bahwa masih ada kadar merkuri yang tersisa di tuna Anda yang belum dikeluarkan dari tubuh Anda.

Telah terbukti bahwa sejumlah merkuri dapat bertahan di dalam tubuh untuk waktu yang lama. Artinya, jika Anda makan banyak tuna, tubuh Anda akan menyerap sejumlah merkuri dari waktu ke waktu. Anda harus berhati-hati saat memilih makanan untuk dimakan karena tidak semuanya akan aman bagi Anda. Bahkan jika Anda memilih item yang telah terbukti sehat, penting untuk mengikuti pedoman yang ditetapkan oleh dokter Anda untuk memastikan bahwa Anda mendapatkan manfaat terbaik dari asupan tuna Anda.

Alasan lain mengapa penting untuk memeriksa kadar merkuri dalam tuna adalah karena kadar merkuri dapat meningkat dengan kurangnya konsumsi yang tepat. jadi disarankan untuk memeriksanya secara teratur.

Selain itu, untuk mengontrol kadar merkuri dalam ikan Anda, penting untuk membaca label dengan cermat dan memastikan bahwa makanan yang Anda beli tidak mengandung bahan tambahan buatan. dan pengawet lainnya. Ini bisa menjadi cara yang bagus untuk menghilangkan keberadaan merkuri dalam makanan Anda.

Tentu saja, ada juga suplemen yang dapat membantu Anda mengontrol kadar merkuri dalam makanan Anda, jadi ada baiknya Anda juga mencobanya. Ini biasanya tersedia secara online dan dapat dibeli dengan mudah di toko makanan kesehatan setempat. Ada juga cara lain untuk membantu Anda menghindari merkuri dalam tuna, tetapi tidak seefektif yang direkomendasikan oleh dokter Anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *